FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Dengan memakai sumber energi bersih dan terbarukan seperti solar panel atap, Anda secara langsung berkontribusi mengurangi emisi CO2 atau Carbon Dioxyde. Berdasarkan data terakhir pemerintah, setiap pemakaian daya listrik sebesar 1 kWh di Indonesia adalah ekivalen dengan produksi emisi CO2 sebesar 0,934 kg. Sebagai contoh, dengan memakai sistem solar panel atap sebesar 2,5 kWp, Anda akan menghasilkan rata-rata sejumlah 3600 kWh per tahun, yang berarti Anda menghemat sejumlah 3362 kg CO2 setiap tahunnya.

Komponen utama sistem solar panel atap adalah solar panel dan inverter. Solar panel bertugas mengubah radiasi sinar matahari menjadi listrik DC dan inverter bertugas mengubah listrik DC menjadi listrik AC. Masa hidup solar panel adalah hingga 25 tahun dengan penurunan efisiensi rata-rata sebesar 1% per tahun. Sedangkan inverter mempunyai masa hidup sekitar 10 tahun dengan efisiensi relatif tetap.

Ya, seperti juga dengan peralatan lainnya, untuk menjaga kondisi sistem agar berfungsi secara prima, diperlukan perawatan berkala. Dengan membeli sistem solar panel atap dari SolarKita, maka pelanggan akan mendapatkan jasa perawatan berkala 2 kali setiap 6 bulan secara gratis selama 1 tahun. Setelah masa tersebut, pelanggan dapat melakukan kontrak perawatan berkala dengan SolarKita.

Dengan kondisi pengoperasian normal di luar keadaan kahar (force majeure), garansi komponen solar panel adalah 25 tahun dan garansi komponen inverter adalah 5 tahun. Untuk kualitas pekerjaan instalasi, SolarKita memberikan garansi selama 2 tahun.

Untuk jawaban yang tepat, kami membutuhkan informasi mengenai daya listrik terpasang di rumah Anda dan jumlah pemakaian daya listrik per bulan. Silakan hubungi customer service kami, atau Anda juga dapat menuju halaman Contact Us pada website ini untuk mengisi informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rekomendasi kapasitas dan biaya sistem solar panel yang cocok untuk rumah atau properti Anda.

Cara menghitung kapasitas yang sederhana adalah sebagai berikut: Konsumsi energi listrik per hari (kWh) / jam efektif sistem surya. Di Indonesia, produksi rata-rata solar panel per bulan adalah 120 jam dikalikan sistem terpasang. Sehingga total daya maksimal dipasang adalah sebesar 480 kWh/120 h = 4 kWp atau 4000 Wp. Namun, peraturan PLN tidak memperbolehkan pelanggan untuk memasang sistem solar panel dengan kapasitas melebihi daya listrik rumahnya. Sehingga secara maksimal Anda hanya dapat memasang sistem solar panel sebesar 2200 Wp. Selain itu, harus diperhatikan pula bahwa PLN menerapkan minimum pemakaian sejumlah 40 jam dikalikan daya listrik terpasang setiap bulannya. Untuk menghitung berapa besar sistem solar panel yang cocok, kami memberikan jasa konsultasi gratis untuk menentukan kapasitas yang optimal bagi Anda.

Secara harfiah Anda tidak dapat menjual listrik kepada PLN, tetapi Anda dapat menyalurkan kelebihan produksi listrik Anda ke PLN, yang akan diperhitungkan sebagai kredit atau tabungan listrik Anda. Kredit atau tabungan listrik ini akan dihargai secara 1:1 dengan daya listrik yang dipakai dari PLN dan akan digunakan sebagai pengurang pada total daya yang Anda pakai dari PLN pada setiap bulannya. Hal ini harus didukung dengan terpasangnya meteran export-import (exim) PLN di properti Anda.

Tidak, PLN akan menghargai produksi listrik Anda dengan memberikan potongan biaya di tagihan listrik bulanan Anda. Potongan biaya akan ditampilkan di tagihan bulanan Anda.

Bisa, dan jenis pelanggan PLN akan berubah dari pra-bayar ke pasca-bayar.

SolarKita akan membantu Anda untuk mengurus proses pergantian meteran export-import (exim) ke PLN dari tahap aplikasi hingga instalasi.

Dengan aplikasi SolarKita, Anda akan mendapatkan informasi detail mengenai produksi solar panel Anda setiap saat dan total setiap hari, bulan dan tahun.

Sebelum pemasangan, tim kami akan memastikan bahwa struktur atap Anda berada dalam kondisi yang baik untuk instalasi sistem solar panel. Apabila kondisi struktur atap Anda tidak baik, maka kami akan memberikan rekomendasi solusi yang tepat. Berat satu panel berkisar 25-27 kg, sehingga dibutuhkan kondisi atap yang prima untuk pemasangan sistem solar panel. Secara umum, pemasangan solar panel yang tepat tidak menjadi masalah untuk atap rumah atau properti Anda.