Sudah Mulai Kerja Dari Rumah? 5 Cara Tetap Sehat dan Hemat Listrik ala SolarKita

Halo, Generasi Matahari! Pemerintah baru-baru ini mengimbau masyarakat untuk beraktivitas atau bekerja dari rumah untuk mengurangi angka penularan penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona. Imbauan ini memengaruhi beberapa perusahaan untuk menganjurkan karyawannya bekerja dari rumah atau work from home. Beberapa masyarakat juga dihimbau untuk tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting dan melakukan physical distancing atau menjaga jarak secara fisik dengan orang lain.

Imbauan work from home dan physical distancing membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah daripada di luar. Tidak dapat dipungkiri dalam beraktivitas di rumah kita dominan menggunakan alat yang mengandalkan energi listrik. Jika kita terus beraktivitas menggunakan peralatan listrik, tagihan listrik dapat membengkak. Untuk itu, kami memiliki beberapa tips untuk tetap hemat listrik sekaligus tetap sehat selama masa Work From Home.

 


Cabut steker listrik jika tidak terpakai

Steker listrik yang terpasang pada terminal listrik dapat mengonsumsi listrik secara terus menerus. Kabel laptop yang terpasang ke terminal dapat memakan listrik sebanyak 50 watt per jam. Sedangkan komputer yang terpasang ke terminal dapat mengonsumsi listrik sebanyak 20 watt per jam. Sama halnya dengan charger ponsel yang ditinggal terpasang pada terminal, karena dapat menyedot kurang lebih 1 watt per jam. Untuk itu, jika Anda tidak menggunakan atau sudah selesai menggunakan peralatan listrik, lebih baik mencabut stekernya dari sumber listrik untuk menghemat konsumsi listrik.

 

 

Memanfaatkan cahaya matahari

Cahaya matahari dapat mengganti penerangan di rumah. Manfaatkan cahaya matahari dari pagi hingga sore hari untuk menerangi seisi rumah sehingga Anda dapat menghemat penggunaan lampu. Cahaya matahari juga memberikan manfaat untuk rumah Anda seperti menghilangkan kuman dan bakteri. Selain itu, cahaya matahari juga dapat menghilangkan jamur yang dapat tumbuh di rumah Anda. Rumah Anda juga dapat terhindar dari nyamuk karena nyamuk tidak suka cuaca yang panas.

 

 

Manfaatkan ventilasi rumah 

Penggunaan pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin dapat meningkatkan kenyamanan Anda di rumah. Akan tetapi jika terus-menerus dinyalakan akan berpengaruh pada penggunaan listrik yang meningkat. Anda dapat memanfaatkan ventilasi rumah untuk pertukaran udara di pagi hari. Dengan membuka pintu dan jendela di pagi hari, Anda akan dengan mudah mendapatkan udara yang segar tanpa menggunakan AC atau kipas angin.

 

 

Atur alat elektronik berdaya besar

Anda dapat mengatur penggunaan alat elektronik yang berdaya besar di rumah. Misalkan penggunaan AC, pompa air, dispenser, water heater, alat penanak nasi, mesin cuci dan setrika. Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan alat tersebut. Anda dapat menggunakan mesin cuci seminggu sekali, mencabut steker dispenser apabila tidak terpakai, atau memanfaatkan lemari es untuk membuat air dingin. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan kompor gas untuk membuat air panas. Anda juga dapat memakai tandon penampung air agar tidak terlalu sering menyalakan pompa air. Alat penanak nasi juga dapat diganti dengan memasak nasi menggunakan panci dan kompor.

 

 

Beraktivitas selain menggunakan alat listrik

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan tanpa menggunakan alat listrik.Misalkan berjemur di bawah cahaya matahari antara pukul 9 sampai 11 pagi setidaknya selama 25 menit. Sinar ultraviolet pada pukul tersebut bermanfaat untuk merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Anda juga dapat melakukan olahraga di rumah atau home workout dengan mengikuti berbagai video di Youtube. Anda dapat mengunggah dahulu videonya di ponsel atau laptop. Selain itu, memasak juga dapat menjadi salah satu opsi mengisi waktu luang. Anda dapat mengeksplor berbagai resep memasak tanpa menggunakan peralatan listrik.

 

Dengan mengikuti berbagai tips di atas, Anda dapat mengurangi pemakaian listrik di rumah selama masa work from home dan physical distancing. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan di rumah dengan rajin mencuci tangan dan membersihkan peralatan di rumah. Mengkonsumsi asupan gizi yang cukup juga harus tetap terjaga agar sistem imunitas tubuh Anda tetap kuat. Tetap jaga kesehatan Anda ya, Generasi Matahari!

 

Written by Naura Nady Salsabila | 14 Apr 2020

Add Comment

Comment

No comment