Tips Memilih Panel Surya yang Bagus untuk Rumah Anda

Instalasi solar cell atau panel surya di rumah dapat membantu memenuhi kebutuhan listrik Anda sehari-hari. Namun, mengingat harganya yang tak bisa dibilang murah, diperlukan beberapa pertimbangan sebelum Anda memiliki panel surya untuk di rumah. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan panel surya yang berkualitas bagus sehingga nantinya mampu bekerja secara optimal.

 

Cari tahu efisiensi dan daya tahan

Panel surya memiliki tingkat efisiensi yang ditunjukkan dalam persentase. Angka dalam persentase menunjukkan jumlah listrik yang dihasilkan oleh panel surya per luas permukaan. Semakin tinggi jumlah angkanya, tentu semakin baik. Idealnya, semakin efisien suatu panel, maka bidang luasan yang diperlukan untuk memproduksi panel surya akan lebih kecil.

Selain efisiensi, Anda juga perlu memperhatikan daya tahan panel surya. Mengingat ada banyak produsen panel surya, daya tahan tiap panel surya yang tersedia di pasaran saat ini tentu berbeda-beda. Namun, idealnya panel surya bisa bertahan hingga lebih dari dua puluh tahun. Karenanya, pastikan Anda memilih panel surya yang disertai garansi sehingga Anda bisa mengajukan klaim jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Ukur ruangan, sesuaikan dengan dimensi panel surya

Setiap rumah pasti memiliki ukuran berbeda-beda. Hal ini tentu mempengaruhi ukuran panel surya yang dibutuhkan di rumah Anda. Oleh sebab itu, jangan lupa mengukur atap Anda untuk menentukan kapasitas panel surya yang pas.

Misalnya, jika ruangan di rumah Anda tak terlalu besar, Anda bisa saja menggunakan panel surya berukuran kecil tetapi dengan efisiensi yang besar. Sebaiknya berkonsultasilah dengan pihak penyedia panel surya agar bisa menemukan panel surya dengan dimensi dan efisiensi yang tepat.

 

Perhatikan berbagai fitur dan spesifikasi

Sama seperti kebanyakan produk pada umumnya, sistem panel surya juga hadir dalam beragam fitur dan spesifikasi. Sebelum membeli, sebaiknya lakukan riset di internet atau bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman. Cari tahu produksi maksimal arus dan tegangan panel surya, rangka apa yang dipakai, bagaimana koneksinya, tingkat kemudahan instalasi, dan lain-lain. Jadi, Anda pun bisa lebih paham sistem panel surya seperti apa yang sesuai kebutuhan di rumah Anda.

 

Pastikan panel surya memiliki sertifikasi

Saat memilih panel surya untuk rumah Anda, jangan mudah tergiur dengan janji dan jaminan yang diberikan. Pastikan bahwa panel surya telah disertai dengan sertifikasi. Adanya sertifikasi menunjukkan bahwa produk panel surya telah melalui serangkaian pengujian. Misalnya telah diuji oleh laboratorium independen sehingga terbukti bahwa fitur dan spesifikasinya sesuai dengan yang dijanjikan. Anda sebagai konsumen pun pasti akan lebih tenang untuk menggunakannya.

 

Pertimbangkan juga layanan yang diberikan tim penyedia

Hal satu ini kerap dilupakan oleh calon pembeli panel surya. Sekali lagi, ingatlah bahwa penggunaan panel surya bisa berlangsung hingga lebih dari dua puluh tahun. Jadi, pastikan Anda membeli panel surya dari penyedia jasa yang bersedia memberikan pelayanan ekstra terkait perawatan dan perbaikan.

Setidaknya pilihlah produsen yang menyediakan layanan monitoring secara rutin. Jadi, jika seandainya ditemukan masalah pada panel surya, mereka bisa langsung melakukan perbaikan. Pilih pula produsen yang bersedia melakukan perawatan secara menyeluruh demi menjamin performa panel surya Anda dari waktu ke waktu.

 

Bagi yang tertarik memasang panel surya di rumah, jangan tergesa-gesa memilih produk. Lakukan beberapa tips di atas dan jangan lupa mencari informasi sebanyak mungkin tentang panel surya pilihan Anda. Jangan sampai panel surya yang dipilih tidak memberikan performa optimal padahal Anda sudah mengeluarkan biaya besar.

Written by Biru Cahya Imanda | 10 Sep 2018