Tertarik Menggunakan Panel Surya? Berikut 5 Hal yang Harus Anda Lakukan

Belakangan, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan panel surya. Alat yang terdiri dari sel surya dan dapat mengubah cahaya menjadi listrik ini mulai dilirik karena manfaatnya dalam menghasilkan listrik tenaga surya. Listrik tenaga surya sendiri merupakan energi baru terbarukan yang menawarkan berbagai keunggulan. Mulai dari hemat biaya listrik bulanan, membawa dampak positif bagi lingkungan, hingga sebagai sumber energi bersih.

Penggunaan listrik tenaga surya semakin berkembang seiring dengan dukungan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Kini, PLN sebagai penyedia listrik tunggal di Indonesia bahkan mulai mendukung program energi bersih dengan menyediakan Meter Ekspor-Impor atau net meter yang membuat surplus produksi listrik tenaga surya bisa dikirim ke jaringan PLN. Nah, apakah Anda tertarik untuk menikmati berbagai manfaat penggunaan panel surya? Jika iya, simak dulu lima hal berikut!

 

Konsultasi

Sebelum menggunakan panel surya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan konsultasi. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan panel surya membutuhkan bujet yang terbilang cukup besar. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan menggunakan panel surya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui dengan jelas berbagai informasi penting seputar teknologi satu ini. Dengan konsultasi, Anda pun akan memperoleh berbagai solusi.

 

Survei

Setelah melakukan konsultasi, selanjutnya Anda harus melakukan survei. Pertimbangkan posisi rumah Anda, apakah memungkinkan untuk dipasangkan panel surya. Berbagai hal mulai dari lokasi pemasangan solar panel, kondisi lingkungan, kemungkinan potensi hambatan penangkapan sinar matahari, kesiapan struktur bangunan, arah peletakan solar panel, hingga koneksi internet untuk pemantauan kinerja listrik tenaga surya harus sangat diperhatikan.

 

Instalasi

Salah satu bagian paling penting dalam pemasangan panel surya tentu adalah instalasi. Anda perlu melakukan instalasi dengan benar dan hati-hati agar panel surya dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Proses instalasi komponen dan koneksi ke sistem jaringan harus dilakukan sesuai dengan prosedur operasi yang baku. Tujuannya tidak lain adalah agar proses instalasi menghasilkan sistem yang aandal dan optimal.

 

Aktivasi sistem

Apabila proses instalasi sudah selesai, selanjut Anda perlu mengaktivasi sistem panel surya. Aktivasi harus dilakukan untuk memantau kinerja yang dihasilkan. Sistem panel surya harus selalu dipantau kinerjanya supaya jika ditemukan penurunan kerja, perbaikan dapat segera dilakukan. Anda juga membutuhkan aplikasi yang dapat memantau kinerja seluruh sistem yang terpasang secara keseluruhan untuk memastikan kinerjanya tetap berlangsung baik dan aman.

 

Perawatan dan pemantauan

Langkah ini sangat penting untuk diperhatikan jika Anda ingin agar panel surya yang sudah dipasang dapat digunakan dalam waktu lama. Anda perlu melakukan perawatan dengan membersihkan panel surya, melakukan pemeriksaan semua koneksi kelistrikannya, memeriksa panel proteksi, kondisi kabel, hingga proses pengiriman data. Pastikan juga Anda memantaunya secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap andal dan optimal.

 

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan panel surya, maka kelima langkah di atas harus benar-benar Anda perhatikan. Dengan begitu, Anda pun dapat merasakan fungsi dan manfaat panel surya secara maksimal. Tak hanya itu, penggunaan panel surya juga akan membantu Anda untuk menjaga lingkungan.

Written by Heldania Ultri Lubis | 01 Sep 2018