Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Meter Exim

Isu mengenai lingkungan saat ini sudah merebak di berbagai sektor kehidupan. Banyak langkah yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi dampak dari kerusakan lingkungan tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan penggunaan daya listrik yang efisien dari tenaga panel surya. Pemasangan panel surya sendiri dapat memberikan banyak manfaat. Terlebih lagi jika dibarengi dengan pemasangan alat atau peranti pendukung lainnya seperti meter Exim atau net metering. Apa itu meter Exim atau net metering tersebut? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

1. Mengenal Net Metering

Pada dasarnya, net metering merupakan sistem layanan yang diluncurkan oleh PLN untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Skemanya adalah listrik dari panel surya nantinya bisa dikirimkan ke jaringan distribusi PLN di area tertentu. Sehingga, daya listrik tersebut dapat digunakan lagi sebagai konsumsi untuk kebutuhan dan keperluan rumah tangga. Penggunaan net metering di Indonesia sendiri mulai mendapatkan perhatian khusus dari pihak pemerintah dan PLN selaku produsen listrik terbesar di tanah air.

Hal tersebut misalnya tertuang dalam peraturan yang dikeluarkan oleh PLN, yakni Peraturan 0733.K/DIR/2013. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa PLN wajib mengkredit energi dari tenaga surya kepada rekening milik pelanggan. Dengan cara seperti ini, pelanggan dapat mengekspor atau mengirim daya listrik secara harian dan juga dapat menggunakan (impor) daya listrik yang dihasilkan oleh PLN untuk digunakan kembali di waktu yang lain.

Agar pelanggan dapat menggunakan mekanisme tersebut, maka pelanggan PLN, dalam hal ini untuk rumah tangga, perlu memasang alat pembaca meteran tersebut. Khususnya meteran yang mampu membaca listrik secara dua arah, yakni kWh pada meter Exim.

2. Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah Anda mengetahui apa itu net metering atau meter Exim dalam hal jual listrik ke PLN, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara kerja sistem ini. Dengan menggunakan Sistem Solar Panel, listrik yang diproduksi berpotensi untuk tidak langsung dikonsumsi oleh pemilik rumah. Dengan meter Exim listrik berlebih tersebut dapat dikirim ke jaringan listrik PLN dan dicatat sebagai kredit oleh meter Exim. Listrik berlebih tersebut akan menjadi kredit di PLN yang akan mengurangi tagihan bulanan dari pelanggan pengguna Sistem Solar Panel tersebut. Secara fungsi, meter exim bertugas untuk mencatat listrik yang dibeli (impor) dan dijual (ekspor) ke PLN.

3. Langkah Mendapatkan Net Metering

Bagi Anda yang ingin menggunakan net metering atau meter Exim untuk jual listrik ke PLN ,ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Memang selama ini banyak orang yang menginginkan penggunaan net metering ini untuk keperluan rumah tangga. Masalahnya adalah tidak sedikit pula masyarakat yang bingung bagaimana alur pendaftaran untuk mendapatkan net metering ini. Berikut beberapa alur untuk mendapatkan net metering yang penting untuk Anda ketahui.

  • Pertama, Anda harus mendatangi kantor PLN terdekat untuk mengajukan permohonan dan mengisi form aplikasi yang telah disediakan. Setelah itu, PLN setempat akan melakukan verifikasi. Khususnya mengenai berkas administrasi sesuai standar yang sudah ditetapkan PLN.
  • Apabila proses verifikasi selesai dilakukan, baik itu mengenai administrasi kelengkapan, maka akan dilakukan pengujian terhadap persyaratan operasional di lokasi Anda berada.
  • Saat proses verifikasi selesai dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh PLN, maka pihak PLN yang ada di wilayah setempat akan memberikan surat. Surat ini berupa persetujuan dan Anda akan diberikan nomor registrasi biaya penggantian alat dan juga pembatas ekspor-impor daya listrik yang dapat digunakan.
  • Untuk beberapa layanan yang sifatnya khusus, seperti net metering atap, di sini pelanggan dikenakan biaya penggantian alat meter yang sebelumnya digunakan. Begitu juga dengan tagihan listrik yang berdasarkan ketentuan yang berlaku. Termasuk pula mengenai PPN bila ada, PPJ, maupun materai dalam persetujuan yang telah ditetapkan.

4. Bagaimana Perhitungan Tagihan Listrik Meter Ex-Im?

Kemudian, hal penting lainnya mengenai meter Exim yang perlu Anda ketahui ialah mengenai perhitungan tagihan listriknya. Untuk tagihan listrik pada panel surya yang menggunakan meter Exim, tidak diberlakukan sistem rekening minimum (RM), sehingga dimungkinkan tagihan pada satu bulan Rp. 0. Energi atau daya listrik yang dikirim ke PLN akan dicatat dan dihitung dengan menggunakan tarif yang berlaku. Nilai tarif yang pelanggan jual/kirim ke PLN adalah sebesar 65% dari harga listrik yang dibeli dari PLN. Seluruh rekap hasil jual-beli listrik ke PLN akan terlihat di tagihan PLN akhir bulan masing-masing pelanggan.

5. Manfaat Menggunakan Net Metering (Meter Exim)

Dari poin-poin di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan meter Exim atau net metering memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya pada pengguna Sistem Solar Panel Atap. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan Meter Exim, pengguna tidak perlu lagi khawatir listrik yang digunakan akan hangus tidak terpakai, karena kelebihan listrik tersebut dapat dijual balik ke PLN dan menjadi kredit di PLN yang akan mengurangi tagihan listrik bulan tersebut. Dengan meter Exim ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan Sistem Solar Panel On-Grid reguler yang tidak menggunakan baterai yang secara nilai investasi lebih terjangkau dengan yang menggunakan baterai.

 

Written by Irfantoni Listiyawan | 11 Oct 2019