Produk Panel Surya Dalam Negeri Tidak Kalah dengan Produk Luar

Panel Surya buatan dalam negeri tidak kalah kualitas dengan Panel Surya buatan luar negeri. Fakta ini dapat dilihat dari banyaknya ekspor Panel Surya dalam negeri ke luar. Mengutip dari republika.co.id, tujuan ekspor Indonesia untuk produk Panel Surya ditempati Thailand sebagai peringkat ke-1. Sedangkan peringkat ke-2 ditempati oleh Amerika Serikat dan peringkat ke-3 ditempati oleh India.

Dikutip dari kompas.com, pada Mei tahun 2009 terdapat pesanan produk Panel Surya sebesar 10 megawatt (MW) dari Spanyol. Pesanan ini ditujukan kepada perusahaan Nano-PV. Jenis sel surya yang diproduksi merupakan sel surya generasi kedua, yaitu sel surya thin film (lapisan tipis) hasil temuan Wilson Walery Wenas dari Institut Teknologi Bandung dengan investor Bakrie Power dan investor dari Amerika Serikat. Harga yang diberikan mencapai 0,8-0,9 dollar AS per watt yang merupakan harga sel surya Nano-PV termurah di dunia.

Selain itu, masih ada beberapa perusahaan dalam negeri yang telah menghasilkan produksi Panel Surya dengan kualitas yang tidak kalah bagus bahkan sampai laku penjualannya ke luar negeri. Apa saja? Mari simak tulisan di bawah.

PT. Len Industri (Persero)

PT. Len Industri (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan kepemilikan saham 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia. Len telah mengembangkan bisnis dan produk dalam bidang elektronika, salah satunya produksi Panel Surya. Pabrik Panel Surya Len sudah beroperasi dari tahun 2011. Hingga tahun 2014, kekuatan total Panel Surya yang diproduksi diperkirakan mencapai 1,58 gigawatt. Mulai tahun 2019, Len menargetkan produksi Panel Surya sampai kapasitas 40 megawatt per tahun. Sejauh ini PT. Len Industri (Persero) telah memproduksi Panel Surya kapasitas 50 Wp hingga 260 Wp dengan nilai efisiensi panel 12-16%. Adapun tipe Panel Surya yang diproduksi yaitu monocrystalline dan polycrystalline.

PT. Sky Energy Indonesia

PT. Sky Energy Indonesia (JSKYE) memproduksi Panel Surya dengan varian produk monocrystalline mulai dari 5 Wp hingga 330 Wp dan polycrystalline mulai dari 5 Wp hingga 315 Wp. Efisiensi Panel Surya yang diproduksi mulai dari 12% hingga 16%. JSKYE memiliki kapasitas produksi hingga 50 MW pertahun. Selain melakukan produksi perakitan Panel Surya, JSKYE juga mengembangkan pabrikasi sel surya. berhasil menguasai pasar dalam negeri hingga 40 persen. Sedangkan produk Panel Surya JSKY juga menembus pasar ekspor ke negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Sedangkan komposisi penjualan antara dalam dan luar negeri masing-masing sebesar 50 persen dari total penjualan.

PT. Indodaya Surya Lestari (ICA Solar)

PT. Indodaya Surya Lestari atau ICA Solar merupakan perusahaan yang menyediakan produk dan jasa energi terbarukan di Indonesia. Adapun produk yang dihasilkan salah satunya adalah Panel Surya. Panel Surya yang diproduksi ada dua tipe yaitu monocrystalline dengan kapasitas 50 Wp sampai 200 Wp. Monocrystalline dirancang untuk penggunaan konsumsi listrik besar di daerah yang beriklim ekstrem maupun yang kondisi alamnya gersang. Lalu ICA Solar juga memproduksi tipe polycrystalline dengan kapasitas 50 Wp sampai 310 Wp. Polycrystalline tersusun dari kristal dan memerlukan luas permukaan yang lebih besar serta memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan tipe mono. Produk Panel Surya ICA Solar telah terpasang di berbagai daerah di Indonesia.

Setelah membaca tulisan di atas, kini Anda sudah lebih mengenal produksi Panel Surya di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dari produksi luar negeri. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Panel Surya buatan lokal untuk di properti Anda. Jika Anda tertarik untuk mulai pasang Panel Surya produk dalam negeri dengan kualitas yang terjamin, hubungi kami di www.solarkita.com/contact.

 

Written by Naura Nady Salsabila | 21 Jul 2020

Add Comment

Comment

No comment