Penggunaan Panel Surya untuk Bisnis, Apa Manfaatnya?

Menjalankan bisnis yang baik bukan hanya tentang menciptakan sebanyak mungkin profit. Lebih dari itu, bisnis yang baik juga seharusnya mampu memberi dampak positif terhadap lingkungan di sekitarnya, termasuk lingkungan alam. Semakin besar pertumbuhan suatu bisnis, maka akan semakin besar pula kebutuhan bisnis terhadap listrik. Agar bisnis dapat terus berjalan lancar tanpa “menyakiti” lingkungan, panel surya bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk Anda pertimbangkan.

Memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber utama untuk tenaga listrik, panel surya akan memberi banyak keuntungan kepada bisnis Anda. Mulai dari bisnis di bidang teknologi, kesehatan, kantor-kantor pemerintahan, manufaktur, hingga organisasi non-profit, semua bisa merasakan ragam manfaat dari penggunaan panel surya. Masih merasa ragu? Kelima alasan ini akan meyakinkan bisnis Anda untuk memasang penggunaan panel surya.

Sumber listrik gratis dalam jangka waktu panjang

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa pemasangan dan penggunaan panel surya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika bisnis Anda sudah berdiri dalam skala besar, tentu panel surya yang dibutuhkan akan semakin banyak. Namun, anggaplah penggunaan panel surya pada gedung kantor atau bisnis Anda sebagai sebuah investasi.

Layaknya investasi pada umumnya, pemasangan dan penggunaan panel surya akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Tentu ada penantian yang harus dijalani hingga Anda bisa merasakan keuntungannya. Namun, penantian tersebut akan sepadan dengan keuntungan yang ditawarkan panel surya terhadap bisnis Anda.

Dilansir dari situs thebalancesmb.com, data infografik dari EnergySage menyebutkan bahwa bisnis bisa melunasi seluruh biaya pembelian dan pemasangan panel surya dalam waktu tiga sampai tujuh tahun. Setelah itu, bisnis bisa mendapatkan suplai listrik gratis dari sinar matahari sebagai sumber tenaga utama hingga panel surya tak lagi berfungsi. Idealnya, usia pemakaian panel surya bisa mencapai 25-35 tahun.

Menjual listrik berlebih ke PLN

Keuntungan penggunaan panel surya untuk bisnis tidak berhenti sampai di situ. Tidak hanya mendapatkan suplai listrik gratis setelah masa balik modal selesai, bisnis Anda juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan melalui penggunaan panel surya. Caranya adalah dengan menjual listrik dari panel surya ke PLN. Namun, pastikan panel surya yang Anda gunakan sudah menerapkan sistem on-grid. Walaupun begitu, perlu Anda ketahui bahwa PLN tidak akan memberikan uang tunai kepada Anda sebagai kompensasinya. Jadi, listrik yang dijual ke PLN akan dicatat sebagai kredit. Nantinya, akumulasi kredit ini akan menjadi nilai pengurangan dari total biaya bulanan listrik PLN bisnis Anda.

Dalam praktiknya, patokan harga yang dipasang PLN untuk membeli listrik dari panel surya adalah sebesar 65% dengan harga yang Anda beli ke PLN. Sebagai informasi, sekarang harga listrik non subsidi adalah Rp1,467 per kWh. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan tercatat pada sebuah meteran listrik yang dikenal dengan mana meteran ekspor-impor.

Nah, adanya sistem penjualan listrik panel surya ke PLN tidak hanya membantu mengurangi biaya tagihan listrik, tapi juga bisa meminimalisir terjadinya pemakaian listrik yang sia-sia. Misalnya, jika saat siang hari di gedung perusahaan Anda sedang tidak ada orang karena rapat atau sedang ada kegiatan outing seluruh kantor, tenaga listrik yang dihasilkan oleh panel surya akan dijual ke PLN.

Berdampak positif terhadap image bisnis Anda

Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak perusahaan yang mendeklarasikan dukungan terhadap perlindungan lingkungan. Sudah saatnya Anda melakukan hal yang sama. Penggunaan panel surya adalah salah satu langkah konkret yang bisa Anda lakukan untuk melindungi lingkungan. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, listrik konvensional diproduksi dari batu bara. Padahal, batu bara merupakan salah satu energi fosil, yang pembakarannya bisa menyebabkan polusi. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir jika bisnis Anda menggunakan panel surya.

Dalam mengubah sinar matahari menjadi energi listrik, panel surya tidak akan menghasilkan polusi. Bahkan menurut International Energy Agency (IEA), panel surya berhasil menduduki posisi kedua dalam usahanya untuk mengurangi kadar CO2 di Bumi, yaitu sebesar 20% dari keseluruhan. Dengan kata lain, penggunaan panel surya akan membuat bisnis Anda lebih ramah lingkungan.

Tunjukkan hal tersebut kepada konsumen Anda. Begitu panel surya terpasang pada atap bangunan perusahaan, ambillah beberapa foto dan upload ke website atau akun media sosial perusahaan. Ceritakan komitmen Anda untuk mendukung terciptanya masa depan yang lebih ramah lingkungan. Bukan tidak mungkin bisnis-bisnis lain akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Dengan begini, Bumi yang lebih ramah lingkungan tidaklah mustahil diwujudkan!

Melindungi bisnis dari kenaikan biaya listrik

Dari tahun ke tahun, biaya listrik cenderung mengalami kenaikan. Hal ini tidak hanya berdampak pada rumah tangga, tapi juga bisnis. Listrik digunakan untuk menjalankan operasional bisnis sehari-hari, baik menggunakan mesin di pabrik hingga memakai komputer. Kenaikan biaya listrik tentu lama kelamaan bisa membuat Anda terpaksa menaikkan harga produk yang dijual. Kalau sudah begini, bukan tidak mungkin konsumen merasa kesal dan pindah ke kompetitor.

Oleh sebab itu, pasang dan gunakanlan panel surya untuk meminimalisir kerugian dari risiko naiknya biaya listrik. Menghemat listrik tentu menjadi solusi yang seharusnya wajib dilakukan pelaku bisnis manapun sejak sekarang. Anda bisa mengajak tim di kantor untuk melakukan hal-hal yang kecil terlebih dulu, seperti mematikan lampu ruangan saat ditinggal dan mencabut kabel dari colokan saat sedang tidak digunakan.

Namun, sudah saatnya bisnis Anda mengambil langkah yang lebih jauh lagi. Penggunaan panel surya bisa membantu memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari tanpa berdampak negatif terhadap lingkungan. Tentunya juga tanpa harus terbebani dengan biaya listrik yang cenderung meningkat tiap tahunnya.

Mengurangi biaya operasional

Banyak perusahaan ingin atau berniat menciptakan bisnis yang bersifat berkelanjutan (sustainable). Namun, pada kenyataannya, mereka cenderung lebih fokus mengurangi tagihan bulanan daripada mengambil langkah konkret untuk mendukung sustainability pada bisnis. Listrik menjadi salah satu tagihan yang biasanya memakan porsi paling besar. Oleh sebab itu, jika memang ingin mengurangi biaya operasional, perlu dilakukan langkah revolusioner.

Penggunaan panel surya merupakan solusi yang cukup efektif. Seperti yang disebutkan sebelumnya, setelah masa “balik modal” dari pembelian dan pemasangan panel surya berakhir, maka bisnis Anda bisa menggunakan energi listrik dari panel surya secara gratis selama puluhan tahun. Artinya, Anda bisa mengurangi banyak tagihan listrik.

Terlebih, saat ini panel surya sudah memiliki sistem yang memungkinkan bisnis Anda untuk memasangnya secara bertahap sesuai kebutuhan. Misalnya, saat ini bisnis Anda baru saja berdiri sehingga panel surya yang dibutuhkan belumlah terlalu banyak. Lalu, seiring bisnis yang terus berkembang, karyawan yang semakin banyak, dan gedung perusahaan yang semakin besar, Anda bisa menambahkan kapasitas panel surya sesuai kebutuhan tersebut.

Sebuah bisnis bisa berjalan optimal bukan hanya ketika ia mampu menghasilkan profit banyak, tapi juga saat dapat memberikan manfaat positif terhadap lingkungan. Penggunaan panel surya bisa membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut. Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa lebih termotivasi untuk memasang panel surya pada perusahaan Anda!

Written by Biru Cahya Imanda | 10 Dec 2019