Patut Dicontoh, Inilah 8 Artis Indonesia yang Peduli Lingkungan

Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia memang merupakan musibah yang harus dihadapi dengan tabah. Namun, tidak sedikit pula musibah yang terjadi tersebut disebabkan oleh ketidakpedulian terhadap lingkungan. Seperti kebiasaan membuang sampah sembarangan hingga penebangan hutan secara ilegal. Kondisi lingkungan yang semakin sukar diprediksi ini menarik cukup banyak perhatian masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan maupun penanggulangan. Tidak terkecuali artis-artis Indonesia yang peduli lingkungan.

Kepedulian terhadap lingkungan sendiri perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian alam. Tentu, kepedulian tersebut harus muncul dari dalam diri sendiri. Namun demikian, perubahan tentu bisa datang dari memperhatikan tindakan-tindakan perubahan yang dilakukan oleh orang-orang sekitar. Di antaranya adalah artis-artis Indonesia yang diketahui menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan serta berupaya menciptakan lingkungan yang asri dan nyaman. Penasaran siapa saja artis Indonesia yang dimaksud? Simak informasi di bawah ini!

 

Nicholas Saputra

Pria kelahiran 24 Februari 1984 ini merupakan salah satu artis terkenal Indonesia yang tidak hanya terkenal sebagai pemain film yang andal, namun juga sebagai pencinta lingkungan. Nicholas diketahui menaruh perhatian besar terhadap isu lingkungan, khususnya mengenai kondisi hewan-hewan yang dilindungi. Melalui akun Instagram pribadinya, pemenang Piala Citra  dalam Festival Film Indonesia 2005 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya di film Gie ini sering membagikan foto-foto terkait hobinya menjelajah alam.

Selain menjalankan hobinya menjelajah alam, pria berdarah Jawa-Jerman ini juga diketahui kerap menghabiskan waktu bersama gajah, hewan favoritnya. Kesukaannya pada gajah juga dibuktikan dengan seringnya ia berada di wilayah konservasi gajah dan aktif melakukan kegiatan tersebut sejak tahun 2005 lalu. Gajah Tangkahan di Sumatera Utara merupakan salah satu wilayah konservasi yang pernah ia kunjungi. Nicholas yang mengaku sudah tertarik dengan alam sejak kecil berharap lebih banyak orang peduli terhadap lingkungan saat ini.

 

RAN

Untuk Anda yang suka lagu Dekat di Hati ataupun Pandangan Pertama mungkin sudah akrab dengan grup musik RAN. Nah, tidak hanya terkenal dengan karya-karya musiknya yang menawan, RAN ternyata juga peduli terhadap lingkungan. Kepedulian tersebut dibuktikan melalui keikutsertaan ketiga personel RAN dalam melakukan penanaman trembesi di Ambarawa pada tahun 2018 lalu. Dilansir dari Detikcom, Nino mengaku keikutsertaan RAN dalam aktivitas peduli lingkungan sudah berlangsung sejak lama.

RAN sendiri menganggap isu lingkungan bukanlah isu yang hanya penting bagi sebagian orang, namun semua orang. Lingkungan perlu diperhatikan karena menentukan masa depan manusia. Berbagai tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten mungkin memang tidak akan memberikan perubahan instan. Namun, lama-kelamaan akan membawa perubahan dan perbaikan yang dibutuhkan. Berkeinginan tidak hanya memberikan dampak positif terhadap penggemar melalui karya musiknya, kepedulian RAN terhadap lingkungan layak dicontoh.

 

Tasya Kamila

Tasya Kamila merupakan artis Indonesia yang pada tahun 2006 menyandang gelar Duta Lingkungan hidup. Gelar tersebut membuat mantan penyanyi cilik ini banyak terlibat dalam berbagai aktivitas terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya adalah kegiatan menanam pohon trembesi yang pernah ia lakukan di sekitar jalur Pantura pada tahun 2015 lalu. Wanita berusia 26 tahun ini memperlihatkan ketertarikannya pada lingkungan dengan merintis Green Movement, yayasan nirlaba yang bergerak di bidang lingkungan.

 

The Changcuters

Kepedulian terhadap lingkungan juga diperlihatkan oleh grup musik The Changcuters. Grup band asal Bandung yang terbentuk pada tahun 2005 ini mengaku sangat kesal melihat banyak orang yang membuang sampah sembarangan dan kerap merusak lingkungan. Tindakan kecil seperti menyimpan sampah dalam tas sebelum membuangnya ke dalam tong sampah yang tersedia diharapkan The Changcuters dapat dijadikan kebiasaan. Karena kepeduliannya tersebut, para personel band yang beranggotakan Tria, Qibil dan Alda, Dipa, dan Erick ini juga pernah diajak untuk menanam trembesi di Madura pada tahun 2017 lalu.

 

Nadine Chandrawinata

Wanita berusia 34 tahun yang merupakan artis, model, hingga pemenang Putri Indonesia tahun 2005 ini sudah terkenal memiliki ketertarikan terhadap lingkungan yang besar. Nadine pun mengaku sudah memiliki kecintaan terhadap lingkungan sejak kecil. Ia kerap mengunjungi pantai dan laut untuk menyalurkan hobinya bermain di alam bebas. Kepedulian wanita yang merupakan istri dari Dimas Anggara ini juga dibuktikan dengan gerakan ramah lingkungan bernama Sea Soldier yang dia bentuk pada tahun 2015 lalu. Gerakan itu sendiri bertujuan mendorong masyarakat melestarikan aneka ragam hayati bawah laut.

 

Joe Taslim

Aktor tampan kelahiran 23 Juni 1981 yang sukses merintis karir di kancah internasional ini juga memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Pria yang namanya mulai melambung setelah bermain dalam film berjudul The Raid pada tahun 2011 ini memberikan perhatian khusus pada isu-isu lingkungan yang berkembang, terutama terhadap perlindungan terhadap hewan-hewan yang harus dilestarikan.

Pada tahun 2004 lalu, Joe bahkan dinobatkan sebagai Sumatera Tiger Warrior oleh World Wide Fund for Nature (WWF) karena perhatian yang dia berikan terhadap Harimau Sumatera (spesies yang hampir punah). Kepeduliannya terhadap pelestarian hewan yang harus dilindungi juga membawanya pernah mengunjungi kawasan hutan Bukit Rimbang Baling, Riau untuk secara langsung terjun ke situs Harimau.

 

Pevita Pearce

Identik dengan kemewahan, itulah yang sering orang-orang pikirkan tentang selebritas. Hobi wisata ke luar negeri hingga belanja brand-brand super mahal membuat pikiran tersebut sepertinya terbukti. Tapi faktanya, tidak semua selebritas sama. Tidak sedikit pula artis-artis Indonesia yang lebih mengedepankan kesederhanaan, hingga fokus membangun kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya adalah Pevita Pearce.

Artis cantik kelahiran 6 Oktober 1992 ini pernah menjadi duta global untuk Earth Hour (gerakan yang mendukung kepedulian lingkungan). Selain itu, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, adik kandung dari Keenan Pearce ini bahkan memutuskan untuk mengurangi penggunaan AC di kamarnya.

 

Nadya Hutagalung

Model berdarah campuran Australia dan Batak ini juga masuk dalam daftar artis Indonesia yang peduli terhadap lingkungan. Wanita bernama lengkap Nadya Yuti Hutagalung ini juga pernah terpilih menjadi duta Earth Hour untuk World Wildlife Fund (WWF) Singapura.

Kepedulian Nadya terhadap lingkungan dibuktikan melalui tindakannya mengurangi penggunaan plastik yang sulit diurai oleh alam. Gerakan ibu dari tiga anak ini memang sederhana, namun konsistensi membuat tindakan tersebut sangat berharga. Pada 2014 lalu, Nadya juga pernah mendorong masyarakat Indonesia untuk menghemat energi dengan mematikan listrik selama satu jam melalui kampanye Earth Hour.

 

Itulah sejumlah artis-artis Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan tentu diharapkan dapat menjadi contoh baik yang diikuti oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Tidak perlu selalu dengan tindakan-tindakan besar, karena perubahan bisa terjadi melalui gerakan-gerakan kecil yang konsisten dilakukan. Jadi, bukankah sudah saatnya bagi Anda untuk lebih mempedulikan lingkungan? Semoga bermanfaat dan mari jaga lingkungan untuk masa depan kita, ya!

 

Written by Heldania Ultri Lubis | 08 Mar 2019