Mengenal Sistem Panel Surya Hybrid, Apa Keuntungannya?

Teman-teman mungkin sudah sering mendengar mengenai sistem Panel Surya Hybrid, apa sih yang membedakan sistem Hybrid dengan On-Grid Reguler? Secara umum, sistem Panel Surya on-grid terbagi menjadi dua jenis yaitu,  sistem Panel Surya on-grid Reguler dan Hybrid. Cara kerjanya mirip, kedua sistem tersebut terintegrasi dengan jaringan listrik PLN dan listrik hasil produksi Panel Surya dapat digunakan untuk konsumsi rumah atau diekspor (jual) ke PLN. Perbedaan dari kedua sistem terletak pada keberadaan baterai. Sistem Panel Surya Hybrid menggunakan baterai yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik. Ketersediaan baterai pada sistem Panel Surya Hybrid memiliki keunggulan tersendiri. Apa saja keunggulannya? 

Tersedianya energi listrik cadangan ketika terjadi pemadaman listrik

Listrik yang tersimpan di baterai dapat digunakan ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN. Ketika terjadi pemadaman, secara otomatis sistem jaringan listrik akan akan mengambil listrik dari baterai yang tersedia. Namun, perlu digaris bawahi bahwa jumlah listrik yang dapat digunakan sangat bergantung terhadap kapasitas baterai yang dimiliki sistem. Jika listrik di baterai habis dan keadaan sedang dalam kondisi yang tidak ada sinar matahari (malam hari), maka ketersediaan listrik tidak akan ada. Hal ini sangat perlu diperhatikan jika Anda ingin menggunakan sistem Panel Surya Hybrid, diskusikan hal ini dengan konsultan Anda sehingga anda dapat merencanakan kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan listrik rumah Anda. 

Saran kami, ketika terjadi pemadaman listrik dari PLN, utamakan penggunaan listrik untuk alat listrik yang bersifat primer seperti; lampu, kulkas, pompa air, AC dan alat elektronik lain yang menjadi kebutuhan primer di rumah Anda.

Dapat menggunakan listrik dari sistem Panel Surya di malam hari

Setelah matahari terbenam, dengan menggunakan sistem Hybrid Anda tetap dapat menggunakan listrik hasil produksi Panel Surya. Anda dapat mengatur agar rumah menggunakan listrik dari sistem Panel Surya Hybrid dahulu, tidak langsung menggunakan listrik dari PLN. Ketika suplai dari baterai sudah tidak mencukupi, baru rumah akan mengambil listrik dari PLN. Dengan begitu, pemilik sistem Hybrid dapat menggunakan energi terbarukan bebas polusi lebih banyak bila dibandingkan dengan pengguna sistem On-grid Reguler.

Penghematan listrik lebih besar

Jika Anda dapat memaksimalkan penggunaan listrik dari sistem Panel Surya, maka Anda akan mendapatkan penghematan listrik yang lebih besar dibandingkan jika Anda menggunakan sistem On-grid Reguler. Hal ini disebabkan karena pembelian listrik Anda ke PLN akan menjadi jauh lebih rendah. Di sisi lain biaya listrik hasil produksi Panel Surya jauh lebih murah dibandingkan harga listrik PLN, faktor ini juga yang akan membuat biaya listrik Anda secara keseluruhan akan menjadi lebih murah.

Sistem Panel Surya Hybrid sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan listrik Panel Surya Anda. Sistem Hybrid ini juga cocok digunakan untuk daerah yang tidak mendapatkan suplai listrik yang stabil dari PLN, seperti kita ketahui bahwa masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan suplai listrik yang stabil selama 24 jam dari PLN. Sistem Panel Surya Hybrid dapat digunakan untuk properti skala mikro seperti rumah dan ruko ataupun skala makro seperti pabrik. 

 

Jadi bagaimana? apakah menurut Anda Sistem Panel Surya Hybrid merupakan solusi yang tepat untuk Anda? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai sistem ini Silakan hubungi tim SolarKita di www.solarkita.com untuk informasi lebih lanjut.

Written by Naura Nady Salsabila | 16 Jun 2020

Add Comment

Comment

No comment