Aksi Mudah Hemat Energi Demi Masa Depan Bumi

Tahukah Anda? Menghemat energi memberikan pengaruh besar pada masa depan bumi. Eksploitasi energi bumi oleh manusia sudah terlalu merusak sehingga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Kita dapat melakukan aksi kecil untuk mengubah kondisi ini. Aksi yang dilakukan tidak sulit, Anda dapat memulainya dari rumah. Tim SolarKita memiliki tips untuk hemat energi seperti yang dilakukan di kantor SolarKita. Apa saja? Yuk, simak tulisan di bawah!

Mulai menggunakan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda

Banyak keuntungan yang didapatkan ketika Anda menggunakan sepeda dibandingkan kendaraan bermotor. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk bayar parkir dan isi bensin. Selain menghemat pengeluaran, Anda juga berkontribusi mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.  Kenapa harus mengurangi penggunaan bahan bakar minyak?

Bahan bakar minyak yang digunakan kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas buang. Di Indonesia, emisi dari sektor transportasi hampir mencapai 30 persen dari total emisi CO2 di mana emisi tertinggi berasal dari transportasi darat. Emisi gas seperti karbon monoksida (CO) dan karbon dioksida (CO2) yang tersebar di udara dapat merusak organ pernapasan hingga menimbulkan penyakit kardiovaskular. Penyakit yang timbul karena polusi udara yaitu infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma, paru-paru basah hingga serangan jantung. Tentu kita tidak mau, kan, polusi menyerang manusia?

Selain itu, emisi gas juga merusak lapisan ozon. Emisi gas yang timbul dari kendaraan bermotor yaitu gas rumah kaca. Penimbunan gas rumah kaca pada atmosfer dapat mempengaruhi panas bumi hingga terjadi perubahan iklim. Dampak perubahan iklim mungkin sudah kita rasakan sekarang seperti pergeseran musim, terjadi kekeringan, krisis air bersih, dan gagal panen produksi pertanian. Kerusakan lapisan ozon yang semakin menipis juga dapat mempengaruhi  Tentu ini juga bukan hal yang kita inginkan.

Dengan menggunakan sepeda kita dapat menghindari potensi hal-hal negatif diatas terjadi. Di samping itu, kondisi fisik kita juga akan jauh lebih bugar. Kita dapat mengontrol berat badan dikarenakan setiap gerakan yang dilakukan membakar lemak tubuh. Dengan berkurangnya lemak, kita juga dapat terhindar dari penyakit jantung. Bersepeda juga memperkuat otot jantung dan menurunkan denyut nadi. Selain itu, dengan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan saat bersepeda, dapat menghindarkan kita dari risiko diabetes.

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga dapat tetap terjaga dengan bersepeda. Bersepeda mendorong produksi hormon dopamin yang memicu rasa bahagia. Oleh karena itu, kita dapat terhindar dari depresi, stres, dan kecemasan. Dari sekian banyak manfaat yang diberikan dari kegiatan bersepeda, mengapa kita tidak mulai dari sekarang untuk mulai menggunakannya?

Menciptakan kesadaran untuk hemat energi di lingkungan kantor

Kebiasaan seseorang akan tergantung dari bagaimana lingkungan mengajarkannya. Untuk itu, kami melakukan beberapa cara agar tim SolarKita lebih hemat energi. Di setiap sudut kantor terdapat tulisan ajakan untuk mematikan alat elektronik (lampu, AC) jika tidak terpakai, mematikan keran air jika sudah dipakai.

Kami memaksimalkan penggunaan energi alami seperti cahaya matahari. Desain kantor kami sengaja dibuat banyak akses agar cahaya masuk. Tujuannya agar tidak menyalakan lampu di siang hari dan hanya memanfaatkan cahaya matahari saja sebagai penerangan.

Selain alat penerangan, kami memanfaatkan cahaya matahari untuk memproduksi listrik dengan Panel Surya. Ini adalah wujud komitmen kami untuk memajukan energi terbarukan di Indonesia. Kami juga menggunakan alat elektronik hemat energi seperti lampu LED, AC eco-friendly, dan kulkas hemat energi.

“Apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai”, apa yang kita lakukan sekarang akan memberikan pengaruh di masa depan. Aksi kecil yang kami jelaskan di atas dapat memberikan pengaruh yang besar untuk lingkungan. Produksi emisi gas yang berkurang dapat mengurangi risiko perubahan iklim. Pengurangan dampak perubahan iklim dengan aksi kecil yang kita lakukan sudah dapat membantu bumi dan makhluk yang tinggal di dalamnya, termasuk kita sendiri. Penggunaan energi surya yang masif dibandingkan energi fosil yang tidak dapat diperbaharui sangat membantu terwujudnya lingkungan yang lebih sehat. Mari mulai kebiasaan hemat energi demi masa depan bumi yang akan kita wariskan ke anak cucu kita nanti!

 

Written by Naura Nady Salsabila | 27 Oct 2020

Add Comment

Comment

No comment