5 Keunggulan yang Akan Anda Dapatkan Jika Menggunakan Energi Surya

Energi surya merupakan energi berupa sinar dan panas dari matahari. Pemanfaatannya dapat dilakukan menggunakan berbagai teknologi. Mulai dari pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, hingga fotosintesis buatan. Seiring perkembangannya, energi surya diharapkan dapat digunakan sebagai energi yang dapat diandalkan dan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar. Lalu, apa saja keunggulan tersebut? Berikut informasinya!

1. Sumber energi bersih

Keunggulan menggunakan energi surya yang pertama adalah sebagai sumber energi bersih. Dengan menggunakan energi surya, tidak ada polusi yang dipancarkan ke lingkungan selama masa produksi dan pemanfaatannya. Jadi, pemanfaatan energi surya terbilang sangat efisien dari segi biaya. Dalam hal perawatan dan pemeliharaannya, biaya yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar, sehingga cenderung tidak memberatkan.

Setelah melakukan investasi awal dengan membeli berbagai bahan yang diperlukan, Anda bisa langsung menikmati energi surya dengan praktis dan gratis. Jika menggunakan sel surya, Anda tidak perlu khawatir karena biaya pemeliharaannya sangat rendah. Selama permukaan koleksi bersih dan tersedia jalur langsung ke sinar matahari, maka sistem akan terus menghasilkan energi yang tidak terbatas tanpa usaha lebih lanjut.

2. Sumber energi yang sangat terbarukan

Selain sebagai energi bersih, energi surya juga merupakan sumber energi yang terbarukan. Selama matahari ada, maka energi surya akan selalu tersedia sepanjang masa. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diandalkan hampir setiap hari. Hal ini berbeda halnya jika Anda menggunakan energi listrik yang berasal dari pembangkit tenaga listrik berbahan bakar fosil. Selain menghasilkan gas rumah kaca, bahan bakar fosil juga tidak terbarukan.

Penambahan konsentrasi gas rumah kaca yang disebabkan oleh bahan bakar fosil juga akan membuat suhu bumi meningkat dan memperparah pemanasan global. Oleh karena itu, sudah semestinya mulai sekarang Anda mempertimbangkan untuk menggunakan energi yang lebih aman. Dalam hal ini, energi surya dapat dijadikan pilihan sebagai energi yang sangat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan kondisi yang mengkhawatirkan.

3. Berjumlah besar dan tidak pernah habis

Matahari merupakan sumber energi yang jumlahnya sangat besar dan tidak akan pernah habis. Khususnya energi elektro magnetik yang dipancarkan oleh matahari. Jika menggunakan tenaga surya, Anda tidak membutuhkan pembakaran. Oleh karena itu, penggunaan energi ini tidak akan menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca yang berbahaya. Energi matahari dapat diubah menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.

4. Hemat energi

Kini, pemerintah Indonesia terus mendorong perluasan pemanfaatan energi surya dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik dengan bahan bakar non-BBM serta pemerataan akses listrik. Bukti nyata yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengupayakan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya yang sudah digarap sejak 2010 lalu. Penyediaan solar home system bagi masyarakat di wilayah terpencil khususnya di wilayah Timur Indonesia juga terus digodok.

Dorongan pemanfaatan energi surya tentu bukannya tanpa alasan. Selain tiga keunggulan di atas, energi surya juga unggul pada aspek hemat energi. Pemerintah Indonesia bahkan menargetkan pemberian lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk lebih dari 175.000 rumah di lima belas provinsi. Menggunakan tenaga surya yang hemat energi, pastinya tidak hanya membuat persediaan listrik makin bertambah, namun juga terjaga dengan lebih baik.

5. Pengurangan produksi CO2

Emisi CO2 harus diturunkan secara drastis agar kenaikan temperatur global dipertahankan pada kisaran 2 derajat Celcius. Untuk mencapai target ini, berbagai teknik mulai dikembangkan, salah satunya dengan memanfaatkan energi surya. Cara tercepat mengurangi emisi CO2 adalah secepatnya beralih ke energi terbarukan, oleh karena itu peralihan ke energi surya merupakan pilihan tepat yang ampuh mengurangi produksi CO2.

Dengan berbagai keunggulan pemanfaatan energi surya yang sudah dijelaskan di atas, terlihat jelas bahwa sudah saatnya Anda menggunakan energi surya mulai dari sekarang. Anda bahkan dapat berkontribusi positif terhadap kondisi bumi saat ini. Semoga bermanfaat!

Written by Heldania Ultri Lubis | 01 Sep 2018