4 Kendaraan yang Memanfaatkan Panel Surya

Penggunaan bahan bakar dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui saat ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Bukan tanpa sebab, penggunaan bahan bakar dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui seperti sumber energi fosil bisa menghabiskan sumber daya yang ada. Hasilnya, bumi akan kehilangan sumber energi yang ada di alam dan butuh waktu yang lama untuk memulihkan kondisinya. Salah satu bahan bakar yang berasal dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan masih sering digunakan sebagai bahan bakar kendaraan saat ini adalah minyak bumi, batu bara, dan gas.

Bensin, juga merupakan bahan bakar kendaraan yang berasal dari sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena terbuat dari minyak bumi. Bensin juga perlahan-lahan diberikan penekanan penggunaan dengan berbagai cara, yakni dengan meningkatkan harga jualnya agar para pengendara kendaraan pribadi beralih menggunakan transportasi umum. Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar tidak banyak lagi bahan bakar bensin yang harus dieksploitasi untuk digunakan secara terus-menerus.

Selain dengan meningkatkan harga bahan bakar bensin, ada satu alternatif lain yang saat ini sudah dijalankan dan dikembangkan agar kendaraan semakin ramah lingkungan. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan penggunaan energi surya sebagai sumber energi dari kendaraan tersebut. Berikut ini adalah beberapa kendaraan yang telah menggunakan energi surya sebagai sumber energinya.

 

Mobil Listrik Bertenaga Surya

Mobil listrik bertenaga surya saat ini sudah mulai dikembangkan secara besar-besaran. Banyak industri otomotif yang memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi terbaru untuk membangun sebuah kendaraan yang ramah lingkungan. Oleh karena itulah, mobil listrik bertenaga surya diciptakan. Anda bisa melihat sekarang banyak sekali merek mobil yang meluncurkan mobil dengan penggunaan solar sebagai media sumber energinya.

Beberapa mobil listrik bertenaga surya memasang panel surya di bagian atap mobil untuk menangkap cahaya matahari yang kemudian diproses menjadi sumber energi bagi mobil tersebut. Ada juga beberapa mobil listrik bertenaga surya yang memanfaatkan penggunaan panel surya sebagai sumber energi dengan cara menanamkan sel surya yang tidak terlihat pada pintu dan juga kap mobilnya. Sel surya tersebut ditanam dan ditutupi dengan lapisan berwarna khusus sehingga tidak akan terlihat dari luas serta tidak mengurangi efisiensi produksi dari sel surya tersebut. 

Mobil listrik bertenaga surya memang belum banyak dijual secara luas. Namun, pengembangannya masih tetap dilanjutkan agar kualitasnya semakin baik dan dapat berpengaruh terhadap kondisi lingkungan. Jika mobil listrik bertenaga surya telah dijual secara luas dan digunakan oleh banyak orang, maka emisi karbon dioksida yang ada di udara bisa jauh berkurang.

 

Kapal Pesiar Bertenaga Surya

Saat ini memang masih banyak kapal pesiar yang beroperasi dengan menggunakan bahan bakar minyak. Namun, ada beberapa kapal pesiar modern yang telah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk mendapatkan sumber energi dari cahaya matahari, yakni kapal pesiar bertenaga surya. Ada banyak keunggulan dari penggunaan panel surya sebagai media penangkapan cahaya matahari sebagai sumber energi pada kapal pesiar. Beberapa keunggulan tersebut di antaranya meliputi tidak adanya suara bising yang dihasilkan, tidak mengeluarkan polusi, jangkauan yang dimiliki tidak lagi terbatas, getaran yang dihasilkan minimal, tidak ada penumpukan panas dan hampir bebas dari perawatan.

Tidak hanya beberapa manfaat di atas, penggunaan panel surya pada kapal pesiar juga memiliki manfaat bagi keamanan ekosistem laut. Bisa Anda bayangkan, jika kapal pesiar mengalami kebocoran bahan bakar, apa yang akan terjadi? Pastinya, bahan bakar yang bocor tersebut akan menyebar ke laut dan membuat ekosistem yang di dalamnya tercemar . Sudah banyak terjadi beberapa kasus karena kebocoran bahan bakar di kapal pesiar yang mengakibatkan rusaknya ekosistem laut. 

Penggunaan panel surya pada kapal pesiar memiliki tingkat efisiensi yang tinggi pada sumber daya yang dihasilkan. Oleh karena itu, kapal pesiar bertenaga surya mampu menjadi solusi bagi penghentian bahan bakar minyak yang tidak dapat diperbaharui agar sumber daya alam tidak habis tereksploitasi. Selain itu, ekosistem laut juga aman terjaga dan aktivitas penggunaan kapal pesiar juga bisa berjalan dengan lancar dan efisien.

 

Pesawat Bertenaga Surya

Pesawat bertenaga surya biasanya dilengkapi oleh jumlah sel surya yang banyak pada sayap pesawat tersebut. Bahkan dengan menggunakan tenaga surya, sebuah pesawat bertenaga surya mampu melintasi samudera Pasifik hingga samudera Atlantik tanpa perlu menggunakan bahan bakar avtur setetes pun. Hal inilah yang menjadi solusi bagi permasalahan penggunaan bahan bakar fosil yang menciptakan polusi bagi lingkungan.

Penggunaan panel surya dalam teknologi pesawat bertenaga surya mampu mengubah pandangan orang-orang terhadap lingkungan hingga pertahanan nasional. Kemampuan pesawat bertenaga surya memang sangat canggih. Bahkan, seperti yang dilansir oleh VOA Indonesia, ada sebuah pesawat bertenaga surya yang telah menuntaskan misinya untuk terbang mengelilingi dunia hanya dalam 25 hari selama lima bulan periode. Proyek itu sendiri memiliki tujuan untuk menampilkan manfaat-manfaat dari sumber energi terbarukan khususnya energi matahari dan penggunaan teknologi yang bersih. 

Adanya misi tersebut menjadi bukti bahwa pesawat bertenaga surya memiliki manfaat yang berlimpah bagi manusia hingga alam. Maka dari itu, penggunaan minyak bumi yang diolah sebagai avtur untuk menjadi sumber energi pesawat bisa ditinggalkan. Setelah itu, penggunaan panel surya sebagai media penangkap cahaya matahari sebagai sumber energi terbarukan bisa didorong lagi pemanfaatannya.

 

Kereta Bertenaga Surya

Kereta bertenaga surya saat ini sudah banyak diterapkan di negara-negara maju. Seperti kereta bertenaga surya yang ada di Australia, kereta tersebut menggunakan panel surya yang dipasang di atas gerbong untuk menangkap cahaya matahari yang kemudian dijadikan sebagai sumber energi dari kereta tersebut. Kereta tersebut mampu menghasilkan energi hingga 6,6 kilowatt. 

Penggunaan panel surya pada kereta api bertenaga surya mampu memberikan kemudahan dalam beragam hal. Salah satunya adalah penggunaan panel surya yang sangat ramah lingkungan. Menggunakan panel surya bisa mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sehingga cahaya matahari bisa menjadi sumber energi alternatif.

Selain itu, kereta bertenaga surya juga ramah lingkungan dari segi minimnya polusi udara yang dihasilkan sehingga udara tetap bersih dan bebas dari polusi udara. Tidak hanya itu, kereta bertenaga surya juga bisa bergerak dengan cepat. Pastinya, biaya yang digunakan juga tidak sebanyak menggunakan bahan bakar fosil. Perawatannya juga tergolong mudah untuk dilakukan.

 

Penggunaan panel surya untuk memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber energi kendaraan memberikan banyak manfaat dalam berbagai sisi. Dari sisi ekonomi, sebuah kendaraan tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pembelian bahan bakar minyak. Sementara itu, dari segi alam, bumi tidak lagi dieksploitasi habis-habisan untuk mendapatkan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui ini. Dari segi teknologi, perkembangan ini mampu menciptakan teknologi-teknologi canggih yang mampu merevolusi penggunaan kendaraan dengan cara yang sangat efektif dan efisien. Oleh karena itu, penggunaan panel surya dalam kendaraan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan ekosistem alam sehari-hari.

 

Written by Hamzah Dzikri Fadliansyah | 30 Jan 2020

Add Comment

Comment

No comment